Langsung ke konten utama

Cara Penyebaran Biji Tanaman

Tahukah anda bagaimana Cara Penyebaran Biji Tanaman

Pada kesempatan ini dalam http://wdnifcheer.blogspot.com, kita akan mempelajari cara penyebaran biji tanaman, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk pembaca. selamat menyimak cara penyebaran biji tanaman dibawah ini.

Proses Penyebaran Biji Tanaman terbagi menjadi empat:

A. Anemokori
Proses penyebaran biji tanaman dengan bantuan angin disebut anemokori. Ciri tanaman yang penyebarannya dengan cara ini adalah bijinya kecil, ringan dan bersayap. Contohnya adalah biji bunga Dandelion.Biji yang ringan dan kecil tidak terlalu dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Keberadaan sayap pada biji membantu biji mudah terbawa angin. Arah gerak biji mengikuti arah gerak angin.

B. Hidrokori 
Cara Penyebaran Biji Tanaman
Proses penyebaran biji tanaman dengan bantuan angin di sebut hidrokori. Ciri tanaman yang penyebarannya dengan cara ini adalah hidupnya di dekat daerah perairan, misalnya pantai ataupu tanaman yang hidup di air,contohynya adalah pohon kelapa dan bakau.
Biji kelapa tergolong biji tanaman yang berukuran besar, dapat mencapai ukuran diameter 15 cm. biji kelapa diselubungi oleh buah yang terdiri atas terpurung kelapa, sabut kelapa,dan kuli kelapa.Meskipun berukuran besar,buah dan biji kelapa dapat mengapung di air dan dapat mengalir mengikuti arus air.Kelapa dapat mengapung di air karena sabut buah kelapa memiliki banyak rongga udara.

C. Zookori
Cara Penyebaran Biji Tanaman
Proses penyebaran biji tanaman dengan bantuan hewan di sebut zookori. Proses penyebaran ini dibagi menjadi empat bagian yaitu entomokori, kiroptekori, ornitokori dan mammokori.
  • Entomokori adalah penyebaran biji tanaman dengan bantuan serangga. Contohnya adalah wijen(sesamum sp) dan tembakau (nicotiana tabacum).
  • Kiroptekori adalah penyebaran biji tanaman dengan perantara kelelawar. Contohnya adalah jambu biji dan pepaya.
  • Ornitokori adalah penyebaran biji tanaman dengan perantara burung. Tanaman dengan penyebaran yang melalui cara ini adalah tanaman yang buahnya menjadi makanan burung, tetapi bijinya tidak dapat tercerna. Biji tersebut akan keluar dari tubuh burung bersamaan dengan kotoran burung. Contohnya, beringin,benalu,dan kersen.
  • Mammokori adalah penyebaran biji tanaman dengan perantara mamalia. Contohnya adalah hewan luwak yang membantu dalam proses penyebaran biji tanaman kopi.
D. Antropokori 
Cara Penyebaran Biji Tanaman
Proses penyebaran biji tanaman dengan bantuan manusia disebut antropokori. proses penyebaran biji tanaman ini terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja. Penyebaran biji tanaman yang secara tidak sengaja dilakukan oleh manusia apabila biji tersebut memiliki struktur yang mudah melekap pada pakaian. Sebagai contohnya adalah rumput. Penyebaran biji tanaman dengan sengaja sering dilakukan oleh manusia terutama pada bidang petanian, yaitu ketika menanam padi, jagung dan tanaman lainnya.
Demikian tulisan kami tentang cara penyebaran biji tanaman, terima kasih dan tetap ikuti blog kami http://wdnifcheer.blogspot.com

Komentar

  1. Mksud saya rumput iru termasuk penyebaran biji yg mana?:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antropokori (manusia) secara tdk sengaja karena menempel pada baju

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Interaksi Sosial

Apakah interaksi sosial itu dan bagaimana proses terjadinya interaksi sosial ? Pada kesempatan ini dalam  http://wdnifcheer.blogspot.com , kita akan mempelajari pengertian interaksi sosial dan proses terjadinya interaksi sosial, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk pembaca. selamat menyimak pengertian interaksi sosial dan proses terjadinya interaksi sosial.   A. Pengertian interaksi sosial Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara perorangan,antar kelompok dengan kelompok lain. Apabila dua orang bertemu,maka interaksi sosial dimulai pada saat itu.Mereka saling menegur,berjabat tangan,dan berbicara.Aktivitas semacam ini merupakan bentuk dari interaksi sosial.Dalam interaksi sosial,hubungan yang terjadi harus secara timbal balik diakukan oleh kedua belah pihak.Artinya kedua belah pihak harus saling merespon.Jika ditanya dia menjawab,jika diminta bantuan dia membantu,jika diajak bermain dia ikut bermain.Jika itu dilakukan,seb

Penemuan baru benteng bersejarah di kota Muna

Sejarah memiliki peran penting bagi kehidupan manusia di masa sekarang ini. Dengan memahami sejarah kita dapat mempelajari kehidupan manusia di masa lampau. Misalnya saja, tanpa sejarah kita tidak akan tau siapa penemu lampu, siapa yang menciptakan telepon, dan masih banyak lagi kisah yang masih belum kita ketahui sampai sekarang. Karena itu, kali ini di blog yang sudah lama menganggur ini saya akan membahas tentang benteng yang baru-baru ini di temukan di daerah kecamatan Tompuno. Benteng kota Wuna yang baru-baru ini ditemukan memiliki panjang sekitar 8900 meter mengililingi pusat kota Wuna. Benteng yang dibangun  pada masa pemerintahan La Kilaponto ( Sultan Murhum) pada tahun 1538-1541. Menurut J. Couver, Kontrolir Belanda yang pernah bertugas di Raha, benteng ini dibangun dengan bantuan makhluk halus. Benteng ini memiliki ketebalan sekitar 5 meter, tetapi ada juga beberapa yang memiliki ketebalan 2-4 meter. Benteng ini dibangun mengelilingi tebing yang curam yang diapit oleh jura