Langsung ke konten utama

Interaksi Sosial

Apakah interaksi sosial itu dan bagaimana proses terjadinya interaksi sosial ?


Pada kesempatan ini dalam http://wdnifcheer.blogspot.com, kita akan mempelajari pengertian interaksi sosial dan proses terjadinya interaksi sosial, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk pembaca. selamat menyimak pengertian interaksi sosial dan proses terjadinya interaksi sosial.
 
A. Pengertian interaksi sosial

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara perorangan,antar kelompok dengan kelompok lain. Apabila dua orang bertemu,maka interaksi sosial dimulai pada saat itu.Mereka saling menegur,berjabat tangan,dan berbicara.Aktivitas semacam ini merupakan bentuk dari interaksi sosial.Dalam interaksi sosial,hubungan yang terjadi harus secara timbal balik diakukan oleh kedua belah pihak.Artinya kedua belah pihak harus saling merespon.Jika ditanya dia menjawab,jika diminta bantuan dia membantu,jika diajak bermain dia ikut bermain.Jika itu dilakukan,sebenarnya telah terjadi interaksi sosial.

B. Proses terjadinya interaksi sosial

Proses interaksi sosial akan terjadi apabila diantara pihak yang berinteraksi melakukan kontak sosial dan komunikasi.Menurut Soerjono Soekanto (2003),kata "kontak" berasal dari bahasa latin,yaitu berasal dari katan con dan tangere.Kata con berarti bersama-sama sedangkan tangere mengandung pengertian menyentuh.Jadi dapat disimpulkan bahwa kontak berarti bersama-sama saling menyentuh secara fisik

Kontak interaksi sosial dapat bersifat positif dan negatif.Kontak interaksi sosial yang bersifat positif akan mengarah pada kerjasama,sedangkan kontak interaksi sosial yang bersifat negatif akan mengarah pada suatu pertentangan.

Menurut Karl Mannheim,(2003:65) kontak interaksi sosial  dapat dibedakan ke dalam dua bagian yaitu,kontak primer dan kontak sekunder.Kontak primer adalah kontak interaksi sosial yang dikembangkan dalam media tatap muka,sedangkan kontak sekunder terjadi tidak dalam media tatap muka dan ditandai dengan adanya jarak.Kontak interaksi sosial sekunder dapat dibagi lagi ke dalam dua bagian :

1. kontak sekunder langsung,yaitu kontak yang terjadi antara masing-masing pihak melalui alat tertentu misanya,telepon,internet,surat,sms,dan lain-lain 

2. kontak sekunder tidak langsung,yaitu kontak yang memerlukan pihak ketiga.misalnya,Ahmad minta tolong kepada Abdillah untuk diperkenalkan kepada Haedar.

kontak interaksi sosial(2003:65)juga dapat berlangsung dalam  tiga kegiatan atau bentuk,yaitu

1.  antara orang perorangan
     contohnya,seorang bayi yang baru lahir,ia akan melakukan kontak interaksi sosial dengan ibunya dan keluarga secara langsung.Dia dapat mersakan cinta dan kasih sayang,minimanlnya dari ibu dan ayahnya. setelah itu ia semakin tumbuh dan berkembang.semakin banyak belajar tenang kebiasaan-kebiasaan keluarga ,misalnya saja masalah sopan santun dalam bertutur kata,makan ,dan lain lain.

2.  antara perorangan dengan kelompok
     Misalnya seorang siswa sedang belajar bersama atau berdiskusi dalam kelompok belajarnya.kegiatan belajar bersama dan berdiskusi merupakan contoh kontak sosial perorangan dan keompo

3.  antara kelompok dengan kelompok
     contohnya, seperti kelompok osis SMPN 10 Bulukumba yang melakukan studi banding  OSIS yang ada SMPN 2 Bulukumba. kedua kelompok itu akan bertemu dan bertatap muka.kegiatan seperti dapat dijadikan contoh kontak sosial kelompok kelompok .

      Kontak sosial dan komunikasi sosial merupakan syarat terjadiny interaksi sosial.Tanpa adanya kedua syarat itu,interaksi sosial tidak akan terjadi melalui kontak dan komunikasi seorang akan memberkan tafsiran pada perilaku yang lain atau perasaan-perasaan yang ingin disampaikan kepada orang lain .

        Kontak dan komunikasi menjadi syarat yang penting bagi terwujudnya interaksi sosial,misalnya kita ketemu dengan orang Inggris lalu berjabat tangan dan kita berbicara dengan bahasa Indonesia.Dari  contoh tersebut kontak sebagai syarat pertama telh terjadi tetapi komunikasi tidak terjadi kerena kedua pihak tidak terjadi komunikasi karena kedua pihak tidak mengerti bahasa yang digunakan .
Dengan demikian,interaksi sosial tidak terjadi.Untuk itu agar terjadi kontak sosial dan komunikasi yang baik harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.itu sangat penting bagi terjadinya interaksi sosial.

       Suatu Kontak bisa terjadi tanpa komunikasi .misalnya saja,orang arab bertemu dengan orang indonesia. setelah saling bersalaman,keduanya saling berbicara,tetapi dngan memakai bahasanya masing masing,dan tentu saja kontak ini tidak dapat dimengerti apa maksudnya.hal ini dinamakan juga mis-komunikasi (misscommunication). Dengan ini menunjukan antara kontak dan komunikasi adalah memang dua hal yang tak bisa dipisahkan dalam proses interaksi .

3.     FAKTOR - FAKTOR INTERAKSI  SOSIAL
      Berlangsungnya suatu proses interaksi sosial berdasarkan beberapa faktor antara lain sebagai berikut .
a.     Faktor Imitasi
      kalian mungkin pernah mendengar istilah imitasi.tahukah kalian apakah arti dari imitasi itu ? menurut Gabriel Tarde ( 2003 : 66 ),imitasi berasal dari kata Imitatian,yang berarti peniruan. meskipun manusia memiliki pola dasar masing - masing yang uni ( individualis ),tetap saja dalam diri manusia ada keinginan untuk meniru seperti orang lain atau kelompok.Dengan demikian,imitasi merupakan proses seseorang mencontoh orang lain atau kelompok .
       Untuk dapat meniru,menurut Choros ( 2003-66 ) ada syarat-syarat tertentu antara lain :
1. harus menaruh minat  terhadap sesuatu  yang akan diimitasi. Minat merupakan syarat dasar dari tiap individu untuk melakukan imitasi. Mustahil melakukan imitasi kepada obyek yang tidak kita sukai 
2.   Selain menaruh minat,langka-langkah selanjutnya  mengagumi hal-hal yang akan diimitasi. makna mengagumi adalah sebuah langkah yang lebih tinggi tingkatan dibanding dengan hanya menyukai .
3.   Harus memberikan penghargaan sosial yang tinggi terhadap obyek yang akan menjadi obyek imitasi kita. 
4.   Syarat yang terakhir,pihak yang akan melakukan imitasi harus memiliki pengetahuan pihak atau sesuatu yang akan diimitasi 
  
        Faktor imitasi akan memunculkan dampak  positif kalau yang diimitasi merupakan kaidah-kaidah ( normal ) dan perilaku yang baik .Sebaliknya Imitasi akan berdampak negatif kalau yang ditiru itu berupa perilaku yang tidak baik .selain itu imitasi juga bisa melemahkan daya kreasi seseorang. saat ini banyak para remaja ataupun artisyang meniru ( mengimitasi ) cara berpakaiaan,model rambut,cara bicara dari artis-artis terkenal dari barat maupun Asia Timur.
b.     Faktor Sugesti 
        Sugesti artinya pengaruh yang dapat menggerakan hati orang. faktor Sugesti ini akan terjadi kemampuan berpikir seseorang terlambat hingga orang itu melakukan pandangan orang lain. selain itu sugesti akan terjadi apabila seseorang memberi sugesti memiliki wibawa /pandangan dibidangnya atau yang sugesti itu terjadi jika pandangan itu didukung oleh sebagian orang ( mayoritas ). misalnya seorang pasien yang akan berobat kepada dokter,pasien tersebut akan cepat mengalami penyembuhan salah satunya disebabkan oleh rasa percayanya yang tinggi( Sugesti ) pada dokter tersebut. Pada keadaan tersebut,Dokter berhasil memberikan sugesti pada pasienya.
c.     Faktor Indentifikasi 
        Identifikasi merupakaa kecenderungan - kecenderungan atau keinginan keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Faktor identifikasi sifat lebih mendalam dari pada imitasi karena kepribadian seseorang dapat berbentuk atas dasar proses identifikasi ini proses ini dapat berlangsung dengan sendirinya, sehingga sehingga pandangan dan sikap orang lain bisa masuk kedalam jiwanya. misalnya kita mengidolakan seseorang sehingga semua tingka laku orang itu kita lakukan.seorang yang mengidolakan Elvis Presley akan meniru hal berbau Elvis .
d.     Faktor simpati
            simpati merupakan suatu Proses ketika seseorang merasa tertarik pada orang lain.simpati akan muncul melaui perasaan yang memegang peranan sangat penting.Faktor simpati yang utama adalah ingin mengerti dan ingin bekerja sama dengan orang lain. 
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian interaksi sosial dan bagaimana proses terjadinya interaksi sosial terima kasih.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Penyebaran Biji Tanaman

Tahukah anda bagaimana Cara Penyebaran Biji Tanaman Pada kesempatan ini dalam  http://wdnifcheer.blogspot.com , kita akan mempelajari cara penyebaran biji tanaman, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk pembaca. selamat menyimak cara penyebaran biji tanaman dibawah ini. Proses Penyebaran Biji Tanaman terbagi menjadi empat: A. Anemokori Proses penyebaran biji tanaman dengan bantuan angin disebut anemokori . Ciri tanaman yang penyebarannya dengan cara ini adalah bijinya kecil, ringan dan bersayap. Contohnya adalah biji bunga Dandelion.Biji yang ringan dan kecil tidak terlalu dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Keberadaan sayap pada biji membantu biji mudah terbawa angin. Arah gerak biji mengikuti arah gerak angin. B. Hidrokori  Proses penyebaran biji tanaman dengan bantuan angin di sebut hidrokori.  Ciri tanaman yang penyebarannya dengan cara ini adalah hidupnya di dekat daerah perairan, misalnya pantai ataupu tanaman yang hidup di air,contohynya adalah pohon kela

Penemuan baru benteng bersejarah di kota Muna

Sejarah memiliki peran penting bagi kehidupan manusia di masa sekarang ini. Dengan memahami sejarah kita dapat mempelajari kehidupan manusia di masa lampau. Misalnya saja, tanpa sejarah kita tidak akan tau siapa penemu lampu, siapa yang menciptakan telepon, dan masih banyak lagi kisah yang masih belum kita ketahui sampai sekarang. Karena itu, kali ini di blog yang sudah lama menganggur ini saya akan membahas tentang benteng yang baru-baru ini di temukan di daerah kecamatan Tompuno. Benteng kota Wuna yang baru-baru ini ditemukan memiliki panjang sekitar 8900 meter mengililingi pusat kota Wuna. Benteng yang dibangun  pada masa pemerintahan La Kilaponto ( Sultan Murhum) pada tahun 1538-1541. Menurut J. Couver, Kontrolir Belanda yang pernah bertugas di Raha, benteng ini dibangun dengan bantuan makhluk halus. Benteng ini memiliki ketebalan sekitar 5 meter, tetapi ada juga beberapa yang memiliki ketebalan 2-4 meter. Benteng ini dibangun mengelilingi tebing yang curam yang diapit oleh jura